Sulit Fokus Selama Kelas Daring? Yuk, Coba 7 Tips Ini!

Hi, learners! Setelah lebih dari dua tahun melaksanakan pembelajaran daring, kini sekolah dan universitas sudah mulai kembali pada pembelajaran luring. Walaupun demikian, pembelajaran dengan mode daring masih menjadi pilihan pembelajaran.

Uniknya, sekian lama pembelajaran daring telah kita alami, sulitnya fokus selama belajar daring masih sering dirasakan, loh! Padahal banyak pembelajaran mode daring yang bermanfaan, misalnya online course di Udemy, Coursera, dan EdX; atau belajar melalui video pembelajaran di YouTube!

Bagaimana agar kita dapat meningkatkan fokus selama belajar daring? Yuk, simak tips berikut!

#1 PERSIAPKAN PERALATAN YANG DIBUTUHKAN

Apakah kamu menggunakan smartphone atau laptop? Jangan lupa periksa baterai yang tersedia! Apabila kamu rasa akan membutuhkan charger pada saat pembelajaran berlangsung, pastikan charger berada dalam jangkauanmu.   

Kendala baterai seringkali mengganggu fokus kita ketika belajar secara daring. Saat kita seharusnya fokus pada kegiatan belajar, kita akan sibuk mengkhawatirkan ketersediaan baterai gadgetTidak hanya peralatan digital, pastikan pula ketersediaan kuota internet atau stabilitas wifi yang digunakan. 


#2 KONDISIKAN LINGKUNGAN

Pertama, pilih lokasi yang minim gangguan, ya! Misalnya, tidak banyak suara yang mengganggu atau antisipasi keluarga lalu lalang di belakang kalian.

Mungkin ada yang pernah mengalami ketika sedang kelas virtual, adik kalian muncul di belakang kalian, ada suara berisik dari televisi, atau orang tua memanggil. Ini khususnya bagi kalian yang melakukan synchronous online learning, yaitu pembelajaran yang dilakukan secara real-time.

Lalu pastikan lokasi memiliki sinyal internet yang baik. Karena ketika kalian berpindah dari satu tempat ke tempat lain untuk mencari sinyal dapat menyebabkan fokus kalian terganggu. 

Kemudian batasi peralatan disekitar kalian. Pastikan hanya benda-benda yang kalian perlukan saja. Misalnya, buku pelajaran, buku catatan, dan alat tulis. Hanya letakkan yang pasti atau perlu kalian gunakan.


#3 CRITICAL REVIEW MATERI SEBELUM KELAS DIMULAI

Critical review atau review kritis merupakan kegiatan reviu mendalam suatu materi. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat catatan atau merumuskan pertanyaan setelah selesai membaca materi.

Usahakan membaca materi sebelum kelas virtual berlangung. Karena satu dari beberapa alasan kita tidak fokus pada kelas virtual yaitu tidak memahami apa yang sedang dipelajari. Pengetahuan awal tentang materi yang akan dipelajari merupakan hal yang penting!


#4 HADIR LEBIH AWAL ATAU TEPAT WAKTU

Ini tips khusus bagi yang melakukan synchronous online learning. Sama halnya dengan pembelajaran synchronous luring, pembelajaran synchronous daring juga harus diusahakan tepat waktu. Apabila memungkinkan, usahakan hadir lebih awal di kelas virtual. 

Berdasarkan pengalaman saya, hadir lebih awal membantu kita beradaptasi lebih awal juga dengan situasi kelas virtual! Hadir tepat waktu menunjukkan bahwa kalian menghormati waktu, pengajar, teman-teman, bahkan diri kalian sendiri. Itu menunjukkan komitmen kalian.


#5 MANFAATKAN GADGET KALIAN WISELY!

Kalian dapat menggunakan smarphone untuk merekam kegiatan dalam bentuk foto/video/audio, sehingga kalian bisa mengulas kembali materi tersebut secara mandiri. Hal ini akan mengurangi rasa panik ketika tidak mampu catch-up dengan penjelasan yang diberikan oleh guru atau dosen. 

Ketika kalian merasa lebih tenang, fokus kalian akan cenderung meningkat kembali. Selanjutnya, matikan sementara koneksi untuk sosial media atau aplikasi lain yang mungkin mengganggu. 

Kalian dapat menggunakan aplikasi Forest di smartphone atau instal add-on website blocker di laptop. Itu dapat menghalangi kalian membuka media sosial atau website lain yang dapat mengganggu kelas daring kalian. 


#6 PAHAMI TEKNIK MENCATAT YANG TEPAT

Rekam video, foto, atau audio memang dapat membantu kamu belajar. Tapi, mencatat dapat membantu kamu mengingat dan memahami apa yang kamu pelajari. 

Usahakan kamu memilih teknik mencatat yang sesuai dengan kebutuhan. Ada banyak teknik mencatat, antara lain dengan template Cornell, Mapping, Outlining, dan Charting


#7 KEEP HYDRATED!

Bukan hanya gadget kalian yang membutuhkan asupan energi dari baterai dan kuota internet. Otak kalian juga membutuhkan energ agar tetap fokus. Minum yang cukup diyakini dapat meningkatkan fokus. Karena otak mendapatkan cukup oksigen. 

Kalau dari pengalaman saya, air putih adalah minuman terbaik untuk menjaga fokus. Tapi, jangan terlalu banyak minum juga, ya. Kalian akan hilir mudik ke toilet apabila terlalu banyak minum.


Itu 7 tips fokus saat kelas daring favorit saya. Apa tips fokus kelas favorit-mu?

Revised on July 30, 2022

Post a Comment

0 Comments