5 Cara Membuat 'i Hate Monday' Menjadi 'i Love Monday'

Hi, learners! Apakah kalian merasa tidak senang menyambut awal minggu sekolah atau kerja? Apakah Senin pagi adalah hari paling tidak menyenangkan dalam seminggu? Kalian tidak sendirian. Senin kadang-kadang menjadi hari yang tidak saya sukai juga. Mungkin karena Senin menandai awal minggu kerja dan akhir dari weekend kita.

Kita tidak asing lagi dengan ungkapan I Hate Mondays. Rasa malas, keengganan, bahkan rasa galau mewarnai senin pagi kita. Kadang-kadang kita menggunakan jargon, I Love Mondays atau I Do Not Hate Mondays untuk memberi dorongan energik pada diri kita sendiri dalam menyambut hari Senin. Apakah ada tips lain untuk membuat kita menyambut hari Senin dengan lebih baik?

Pada artikel kali ini, saya akan membagikan lima tips untuk menyambut hari senin kita dengan lebih semangat.

#1 Be Positive, Be Grateful

Kita tidak menyukai hari Senin karena itu menandai berakhirnya weekend. Kita belum siap menghadapi segudang tugas sekolah atau pekerjaan. Namun, daripada berfokus pada fakta negatif, kita dapat berkonsentrasi pada fakta positifnya.

Bagaimana perasaan kalian bertemu dengan teman-teman di sekolah atau di tempat kerja dan makan siang bersama mereka? Apakah kalian sudah tidak sebar bercerita tentang hal yang kalian lakukan di akhir pekan? Oh ya, ngomong-ngomong, hari Senin berarti satu hari lebih dekat ke akhir pekan selanjutnya!

Tetapi bagaimana jika kita tidak menyukai teman kita? Maka berkonsentrasilah pada sesuatu yang kita senangi, bagi siswa, seperti mata pelajaran favorit di sekolah atau cita-cita di masa depan. Bagi pegawai, kita dapat mempertimbangkan aspek favorit dari pekerjaan kita, seperti gedung kantor yang nyaman, pekerjaan di bidang yang disukai, atau gaji yang akan terima.

Bersikaplah positif dan bersyukur bahwa kita memiliki sesuatu untuk dilakukan pada hari Senin, yang mungkin diinginkan banyak orang lainnya. Luangkan beberapa menit setiap pagi untuk merenungkan apa yang kita syukuri dalam hidup dan di tempat kerja atau sekolah. Ini dapat membantu kita mengubah perspektif kita dan meningkatkan suasana hati kita.

#2 Take Care of Ourselves

Sangat penting untuk menjaga diri kita sendiri. Kita akan merasa fresh di Senin pagi jika cukup di Minggu malam. Itu sebabnya kita harus merencanakan akhir pekan kita dengan hati-hati, terutama jika kita hanya memiliki satu hari libur, karena kelelahan akhir pekan dapat berdampak negatif pada hari kerja kita, terutama hari Senin.

Kita bisa menikmati menonton film, membaca buku, memasak, melukis, atau bermain video game untuk aktivitas di dalam ruangan. Ini cocok untuk orang-orang seperti saya yang lebih suka aktivitas dalam ruangan atau interaksi sosial yang terbatas. Jika Anda menyukai kegiatan di luar ruangan atau banyak interaksi sosial, kalian dapat berkumpul dengan teman-teman, pergi ke bioskop, atau berbelanja di mal.

Kita juga harus makan makanan yang sehat, bergizi, dan jangan lupa enak. Good food, good mood. Olahraga ringan juga bisa menjadi pilihan. Namun, jangan terlalu memaksakan tubuh kita. Ingat: istirahat, makan, dan olahraga.

#3 Plan Ahead

Salah satu alasan hari Senin meningkatkan stres adalah karena kita sering terjun langsung ke pekerjaan tanpa rencana. Jadi, kita merasa kewalahan bahkan tanpa memulai apa pun. Sangat penting untuk meluangkan waktu pada Minggu malam merencanakan kegiatan kita satu pekan ke dapan. Apa yang perlu kita rencanakan?

Rencanakan tujuan mingguan kita. Itu mungkin akan berubah pada acara-acara khusus. Tapi, kita setidaknya telah punya rencana umum untuk pekan ini. Kita harus mengatur prioritas kita, seperti tenggat waktu penugasan dan jadwal rapat. Kita dapat membuat daftar tugas yang ingin kita selesaikan dan memprioritaskannya sesuai dengan kepentingannya.

Rencana tersebut dapat membantu kita tetap on-track dan merasa berhasil saat kita menyelesaikan setiap tugas. Karena perencanaan ini, kita akan merasa lebih teratur dan dapat mengendalikan hari-hari kita. Ini membantu kita menghilangkan stres dan kecemasan saat menyambut hari Senin.

Oh ya, tapi jangan lupa batasannya, seperti tidak boleh nongkrong setelah bekerja pada hari Senin, tidak boleh minum kafein di malam hari, dan kurangi mengecek media sosial saat bekerja atau belajar. Kita mempertimbangkan hal yang mungkin menjadi distraction dan merencanakan strategi untuk menguranginya.

Strategi lain adalah menetapkan rutinitas pagi. Sambil bersiap-siap, mengapa tidak mendengarkan podcaster atau penyanyi favorit kita, menikmati sarapan favorit kita, atau menikmati secangkir kopi dari kedai kopi favorit kita? Rutinitas adalah cara terbaik untuk memulai hari kita dengan tepat. Kita dapat memilih aktivitas yang membuat kita menantikan hari Senin daripada merasa kecewa karenanya.

#4 Take a Break

Apakah kalian memiliki hari yang panjang di tempat kerja atau sekolah? Jangan lupa untuk beristirahat sejenak. Istirahat dapat membantu produktivitas kita. Itu saatnya otak kita beristirahat sejenak dan recharge. Terlalu banyak bekerja akan membuat kita lelah dan semakin tidak menyukai pekerjaan kita. Apalagi di hari Senin, setengah otak kita masih berada dalam mode libur. Kita tidak perlu memberi lebih banyak alasan untuk otak kita membenci hari Senin.

Tergantung pada profesi kalian, kalian mungkin memiliki beberapa pilihan untuk istirahat. Bagi pelajar di sekolah, mungkin memiliki waktu istirahat khusus Sekolah saya dulu memiliki dua kali istirahat setiap hari, sekali selama 15 menit dan sekali lagi selama sekitar satu jam. Mengenai pekerjaan, saya sekarang dapat memiliki waktu istirahat selama makan siang dan mungkin ketika izin ke kamar mandi. Bagaimana dengan pekerjaan kalian?

Ada beberapa pilihan yang bisa kita lakukan saat mengambil istirahat sejenak, misalnya jalan-jalan sebentar di sekitar tempat kerja, makan cemilan, mengecek media sosial, atau bersosialisasi dengan teman atau rekan kerja kita.

#5 End Your Day on A Positive One

Kita sudah merencanakan hari dan mengambil istirahat sejenak ketika bekerja. Bagaimana kita mengakhirinya? Kita pasti menginginkan sesuatu yang berkesan dan membawa perasaan positif.

Saat waktu sekolah atau kerja berakhir, lakukan aktivitas favorit atau makan makanan kesukaan. Menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman kita, melakukan hob, atau sekadar bersantai dengan secangkir teh chamomile juga akan sangat menyenangkan. Namun, ingat batasan, ya! Seperti yang kita diskusikan pada tip nomor tiga.

Akhiri hari kita dengan catatan manis untuk diri kita sendiri. Kita telah melakukan pekerjaan yang fantastis hari ini. Kita dapat merenungkan pencapaian kita atau, jika kita mengalami beberapa kegagalan, kita dapat mempertimbangkan apa yang dapat kita pelajari dari kegagalan tersebut. We should give ourselves a pat on the back! Have a good night's sleep, and we will be ready to face the day.

CONCLUSION

Mencintai hari Senin adalah tentang mengubah pola pikir kita dan membentuk kebiasaan baru. Dengan menerapkan sikap positif, menjaga diri sendiri, merencanakan dan mengembangkan rutinitas, beristirahat sejenak sepanjang hari, dan mengakhiri hari dengan positif, kita dapat mengubah hari Senin dari hari terburuk dalam seminggu menjadi hari terbaik. Kita bisa belajar mencintai hari Senin dan memulai minggu kita dengan usaha dan niat yang baik.

Post a Comment

0 Comments